Coretan Luky

Sebuah Blog yang Mengubah Coretan menjadi Pengetahuan

Whats New ?

Review Coretan

Game

Biography


Sinyal 5G : 10x kecepatan Sinyal 4G


Sinyal 5G terdiri dari dua huruf, yaitu 5 dan G. Lima (5) yang berarti ke-lima, dan G yang artinya Generation atau generasi. Yang berarti generasi ke lima. Yang berarti generasi terbaru dari sinyal akan hadir. Generasi yang lebih kuat dan cepat dari pada generasi sebelumnya yaitu sinyal 4G. Jika diibaratkan dengan mendownload sebuah file dengan kapasitas 500mb, dengan sinyal 4G mungkin membutuhkan waktu 10-15 menit untuk mendownloadnya, akan tetapi dengan 5G, kalian hanya membutuhkan waktu 30 detik saja. Selain ini dari segi bandwith sendiri, sinyal 5G memiliki kapasitas bandwith yang sangat besar, bahkan sinya 5G memiliki bandwith di setiap perangkat, tidak seperti sinya sebelumnya yaitu sinyal 4G.

Sinyal 4G saat ini sudah banyak digunakan diseluruh penjuru dunia dengan berbagai macam perangkat. Bahkan diindonesia sendiri, hadir nya sinyal 4G didukung oleh beberapa layangan kartu prabayar, dengan cara mempromosikan paket internet dengan harga terjangkau yang menggunakan sinyal 4G. Hal itu berdampak pada kepopuleran sinyal 4G saat ini, dapat bersaing dengan generasi pendahulunya, yaitu 3G. Tapi apa yang akan terjadi jika sinyal 5G hadir?

Sumber Foto : https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2018/03/5g-8f0ba3405b419df2d283f19f67a68257_600x400.png


Berikut merupakan spesifikasi dari sinyal 5G :

·       -   Terdapat spesifikasi syarat pada teknologi 5G

·        -  Up to 10Gbps data rate  - > 10 to 100x lebih baik dibandingkan 4G dan 4.5G

·         - Memiliki waktu latensi selama 1 milisecond

·         - 1000x bandwidth per satuan area

·         - Up to 100x perangkat dalam per unit area

·         - Tersedia 99%

·         - Cakupanya mencapai 100%

·         - Mengurangi pemakaian dan kapasitas energi sebanyak 90%

·         - Up to 10-year battery life untuk perangkat low power IoT

Dan beberapa tahun kemudian, generasi baru akan hadir. Sinyal 5G, yang digadang-gadang memiliki kecepatan 10x dari sinyal 4G akan hadir merubah wajah dunia. Sinyal 5G tidak hanya hadir dengan kemampuannya mengakses internet, akan tetapi sinyal 5G juga dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti self-driving car, smart cities, rumah yang terkoneksi, dan robot. Ialah contoh kecil dari kemajuan sinyal 5G tersebut.

Bayangkan jika hal itu semua ada di dunia saat ini, self-driving car, operasi yang menggunakan VR, robot, dll. Saya rasa dunia sudah memperlihatkan masa depan yang tergambar pada film-film bertemakan masa depan dengan tepat. Akan tetapi itu semua tidak-lah murah. Sinyal 5G memiliki kekuatan yang sangat kuat, akan tetapi jarak atau range jangkauan dari sinyal tersebut tidaklah luas. 

Untuk dapat mengaksesnya secara luas dibutuhkan ratusan atau bahkan ribuan tower dan minitower pemancar sinyal 5G disekitar, dengan begitu sinyal 5G dapat menjangkau para pengguna. Hal seperti itu akan sangat membutuhkan banyak sekali biaya, bisa saja dibutuhkan dana ratusan triliunan Rupiah untuk mencanangkan projek tersebut, apakah Indonesia siap akan hal tersebut? Ataukah cara lain selain mendirikan toower dan minitower disekitaran kita? Di tanggal 2020 yang akan datang, Amerika Serikat akan mewujudkannya, dilansir dari cnn.com, Amerika Serikat mengeluarkan dana sebesar $300billion untuk projek ini.







Reference :

No comments:

Post a Comment

| Designed by Colorlib