Coretan Luky

Sebuah Blog yang Mengubah Coretan menjadi Pengetahuan

Whats New ?

Review Coretan

Game

Biography




MacOS review : It is good or bad ?




MacOS merupakan Operating System yang di kembangkan oleh perusahaan Apple.inc. MacOS sering dijumpai pada produk besutan Apple.Inc yaitu Macbook dan iMac. MacOS mulai dirilis pada 24 maret 2001. Dikembangkan dengan bahasa pemograman C, C++, Objective-C, dan Swift.

Pada Artikel kali ini saya tidak menjelaskan secara terperinci, apa itu MacOS ?, akan tetapi saya akan memberitahu ke teman-teman semua apa saja keuntungan dan kerugian menggunakan MacOS, berdasarkan pengalaman saya menggunakan MacOS selama kurang lebih 2 tahun belakangan ini.

Saya mulai menggunakan MacOS ketika saya mendapat hadiah ulang tahun dari orang tua saya, yaitu sebuat Macbook Pro. Ketika itu saya merasa senang sekaligus bingung karena tidak tahu bagaimana menggunakannya.

Kesan pertama saya terhadap barang tersebut yaitu elegan, dengan desain yang simple dan modern, dengan logo apple yang dapat menyala membuat saya merasa laptop tersebut menjadi laptop dengan desain terbaik saat itu. Bukan hanya itu, pada bagian keyboard dan keypad pun juga sama, keyboard yang nyaman digunakan, dan keypad yang mengagumkan karena fungsinya. Saya bisa melakukan segala hal hanya dengan keypad tersebut, semisal melakukan zoom in, zoom out, scroll-ing, drag, dan hanya dengan keypad dan jari saya, semuanya terlihat sangat memudahkan.




Akan tetapi permasalahannya bukan hanya disitu. MacOS, menjadi kendala utama saya, karena sebelumnya saya menggunakan Windows, membuat saya kebingungan ketika beralih ke OS lain. Dengan tampilan yang beda, setting yang berbeda, hingga shortcut yang berbeda. Membuat saya membutuhkan beberapa waktu hanya untuk mempelajari software MacOS.

Hingga kini, saya merasa nyaman menggunakan MacOS yang sudah menemani saya selama 2 tahun tersebut. Maka dari itu saya menyimpulkan, ada beberapa keuntungan dan kerugian yang terdapat di MacOS. Ya, walaupun ada sedikit kerugian, akan tetapi hal itu bisa ditutupi dengan keuntungan yang dimilikinya. Berikut simpulannya :

1. Tampilannya sangat memuaskan

(Stiker tidak termaksud, hanya aksesoris tambahan)

 Tampilan dari MacOS dan produknya seperti Macbook dan iMac, memang sangat meumuaskan, dari segi desainnya, terlihat sangat elegan dan modern. Bentuk yang memuaskan tersebut, membuat para penggunanya, termaksud saya merasa bangga ketika menggunakan produk speerti MacBook di tempat umum. Bukan hanya itu, bentuk nya yang simple juga menjadikan produk tersebut lebih nyaman digunakan.

2. Pengoperasian terbilang lebih mudah



mengoperasika MacOS lebih mudah dibandingkan OS lainnya seperti Windows dan Linux. Memang ketika kita beralih ke MacOS, yang mana belum pernah menggunakan MacOS sebelumnya terbilang sedikit membingungkan, akan tetapi ketika kita sudah menemukan kunci dasarnya, untuk seanjutnya akan sangat-sangat mudah mengoperasikan MacOS.

3. Cocok untuk desain



Dengan layar yang jernih, dan tampilan desktop yang indah, membuat laptop ini sering digunakan untuk mengedit dan mendesain. Bukan hanya itu, sistem dari MacOS itu sendiri dan spesifikasi produk apple sontohnya MacBook, membuat laptop tersebut memiliki kemampuan rendering yang baik, hal itulah mengapa laptop ini menjadi incaran banyak dari desainer, web development, film maker, editor dan produser.

4. MacOS tidak mendukung beberapa aplikasi umum



Beberapa software tidak didukung oleh MacOS, maka dari itu ketika mencari software khusus untuk MacOS, saya selalu menggunakan kata “for MAC” di akhir kalimat. Agar software yang saya cari bisa support di MacOS. Contohnya karena saya sering melakukan pemograman, khususnya pemograman HTML, yang mana sebelumnya saya sering menggunakan Notepad++, akan tetapi ketika saya menggunakan MacOS, saya tidak dapat menggunakan software tersebut, karena tidak didukung oleh MacOS sendiri. Pada akhirnya saya pun beralih ke software lain bernama Atom.

5. Harganya yang menyiksa kantong

(http://www.richandloaded.com/luxury-items/worlds-most-expensive-laptops-macbook-pro-24-karat-gold/)


Produk MacOS sendiri, seperti iMac dan MacBook merupakan produk yang terbilang mahal. Untuk harga satu unit MacBook Pro saja berkisar 12 jt keatas. Itulah mengapa tidak banyak yang menggunakan produk tersebut, khususnya di indonesia. Bahkan untuk meng-install ulang OS MacOS sendiri saya pernah kena hingga Rp.400.000, which is itu 4x lipat dari saya menginstall ulang Windows di konter laptop.


Hal itu semua tidak lepas dari selera penggunanya masing-masing, banyak juga yang beranggapan bahwa OS lain lebih baik dibandingkan MacOS. Baik atau buruk, tiap-tipa individu punya pendapatnya masing-masing. Dari pengalaman saya menggunakan MacOS, sejauh ini baik-baik saja, seperti yang telah saya paparkan di artikel ini.



Kesimpulan dan saran bisa ditinggalkan di kolom komentar.




Terimakasih…

No comments:

Post a Comment

| Designed by Colorlib