Coretan Luky

Sebuah Blog yang Mengubah Coretan menjadi Pengetahuan

Whats New ?

Review Coretan

Game

Biography


             https://www.weforum.org/agenda/2017/01/jack-ma-america-has-wasted-its-wealth/


Halooo...teman-teman sekalian, hari ini saya akan mendeskripsikan salah satu sosok percontohan dalam kesusksesan, pria yang bukan berasal dari keluarga yang mapan, namun membuktikan kedunia kalau hal itu tidak menjadi hambatan dalam menggapai kesusksesan. Siapakah pria itu? Siapa lagi kalau bukan JACK MA.


Jack Ma (Chinese: 馬雲(Mǎ Yún) adalah pria keturunan cina yang dikenal sebagai, Pebisnis, Investor, CEO sekaligus Founder Alibaba Group. Ia pemilik perusahaan teknologi, konglomerat multinasional yang memiliki kekayaan tercatat pada januari 2018 sebesar US$50.5 triliun. Ia menduduki peringkat kedua sebagai “World's 50 Greatest Leaders", versi majalah Fortune.


            https://www.inc.com/business-insider/alibaba-jack-ma-life-story.html

Kehidupan

Jack Ma lahir pada tanggal 10 september 1964, di Hangzhou, Zhejiang, Cina. Ia mulai mempelajari bahasa inggris ketika ia mencoba mempraktekkanya langsung di salah satu hotel bertaraf internasional di sekitaran kampung halamannya. Ia rela mengajak para pengunjung mengelilingi kota nya tanpa dibayar sepeserpun hanya untuk melatih conversation-nya selama hampir 9 tahun. Hingga ia memiliki sahabat pena nya sendiri, yang merupakan keturunan asing, dan memberikan nama “Jack”, karena kesulitan mengucapkan namanya dalam bahasa cina, hal itu lah yang membuat pria berumur 53 tahun ini bernama “Jack Ma”.


http://www.scmp.com/tech/leaders-founders/article/2100302/eight-lessons-successful-career-and-life-jack-ma-alibabas

Karir

Jack Ma mendaftar pekerjaan lebih dari 30 kali, ia pernah mencoba mendaftar menjadi polisi, akan tetapi ia ditolak lantaran tidak cukup baik. Bahkan ia pernah mendaftar menjadi pegawai KFC ketika waktu itu KFC membuka gerainya di kota Jack Ma. 24 orang mendaftar. 23 diantaranya keterima dan Jack Ma satu-satunya yang ditolak. Ia juga pernah 10 kali mendaftar ke Universitas Hardvard, tetapi ia selalu ditolak.
Di tahun 1994 Jack Ma mulai mengenal internet. Dan di awal 1995 Jack Ma pergi ke USA bersama temannya. Jack Ma awalnya mencari mengenai “beer” di internet. Semua macam beer keluar, akan tetapi tidak ada satupun informasi beer dari cina. Dan kemuadian ia mencari lagi sesuatu tentang cina, dan ia tidak menupak satupun hal yang terkait tentang cina. Hingga pada akhirnya ia dan temannya menciptakan suatu website “jelek”, yang berisi informasi mengenai cina. Ia meluncurkan website itu pada jam 9.40, dan pada jam 12.30 ia mendapatkan sebuah e-mail dari seseorang kebangsaan cina yang ingin mengetahui-nya lebih lanjut. Dan  pada akhirnya ia sadar, pengaruh internet sangat besar dampaknya. Hingga kemudian ia, istri dan temannya mendapatkan US$ 20.000 dan mulai menciptakan perusahaan pertamanya, perusahaan yang mendedikasikan untuk kepentingan pembuatan website bagi perusahaan-perusahaan. Ia menamakan perusahaannya “China Yellow Pages “, yang mana selama 3 tahun ia mendapatkan omset sebesar 5  juta yuan, atau sebesar US$800.000.
Jack ma mulai membangun perusahaan-nya dalam bidang pembuatan website dengan secara besar-besaran. Hingga ia menelpon seseorang dari tv untuk meliput bisnis nya. Hanya dalam beberapa jam, bisnisnya sudah mulai dikenal publik. Hal ini yang membuat Jack Ma sadar akan kekuatan internet begitu besar.

                                                https://www.emaze.com/@AFQCFQTF

Dan di tahun 1998-1999 Jack Ma mengetuai salah satu perusahaan teknologi cina bernama “China International Electronic Commerce Center”. Di tahun 1999 ia keluar dari perusahaan tersebut dan kembali ke Huangzhou bersama temannya untuk menciptakan Alibaba. Sebuat bisnis pasar online yang berlokasi di cina bersama temannya yang berjumlah 18 orang. Dengan modal 500.000 yuan, ia bersama teman-temannya menciptakan Alibaba.

                              https://www.menabytes.com/jack-ma-failures-infographic/

Pada bulan oktober 1999 dan januari 2000, Alibaba memenangkan modal usaha asing sebesar US$25 juta. Dikarenakan programnya itu menarik platform e-commerce domestik, khususnya di kelas kecil menegah. Sekali lagi, Jack Ma sangat ambisius mengenai mimpinya, ia membuka kemli perusahaan baru, e-commerce system di tahun 2003 bernama “Taobao Marketplace, Alipay, Alimama dan Lynx.”
Perkembangan yang pesat dari Taobao membuat perusaahn e-bay ingin membeli perusahaan itu, akan tetapi Jack Ma tidak menjualnya, setelah mendapat dana investasi dari co-founder “Yahoo,” Jerry Yang sebesar US$ 1 Triliun.

                    https://infoginx.com/personality-spotlight-jack-ma-owner-alibaba-group/

Kemudian, pada September 2014, dilaporkan bahwa alibaba mendapatkan US$25 triliun dari IPO (Initial Public Ofering) atau Penawaran Saham Perdana di  New York Stock Exchange. Alibaba menjadi salah satu perusahaan paling berpengaruh didunia ketika mendapatkan achievement tersebut.
Jack Ma sekarang menjadi CEO dari Alibaba Group yang terdiri dari 9 anak perusahaan, yaitu : Alibaba.com, Taobao Marketplace, Tmall, eTao, Alibaba Cloud Computing, Juhuasuan, 1688.com, AliExpress.com and Alipay. Hal itu menjadikan Jack Ma sebagai orang terkaya di cina, dan masuk kejajaran atas sebagai orang kaya di dunia.

berikut sedikit video tentang Jack Ma :







Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Jack_Ma


2 comments:

| Designed by Colorlib